Jumat, 02 Juli 2010

KEUTAMA'AN SHALAWAT


Sesungguhnya Allah dengan segala kekuasaan-Nya telah mengutus nabi-Nya Muhammad dan memberinya kekhususan dan kemuliaan untuk menyampaikan risalah. Ia telah menjadikannya rahmat bagi seluruh alam dan pemimpin bagi orang – orang yang bertaqwa serta menjadikannya orang yang dapat memberikan petunjuk yang lurus. Seorang hamba harus ta’at kepadanya, menghormati dan melaksanakan hak-haknya. Diantara hak-hakanya adalah mengkhususkan baginya shalawat dan memerintahkan kita untuk itu dalam Al-qur’an dan sunnah nabi. Orang-orang byang bershalawat kepadanya akan memperoleh pahala yang berlipat ganda. Berbahagialah orang yang btelah bershalawat atas nabi Muhammad SAW.

Adapaun tentang shalawat Allah menjelaskan dalam surah Al – Ahzab ayat 56

Artinya :
Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi]. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya

Bershalawat artinya: kalau dari Allah berarti memberi rahmat: dari malaikat berarti memintakan ampunan dan kalau dari orang-orang mukmin berarti berdoa supaya diberi rahmat seperti dengan perkataan:Allahuma shalli ala Muhammad.

dengan mengucapkan perkataan seperti:Assalamu'alaika ayyuhan Nabi artinya: semoga keselamatan tercurah kepadamu Hai nabi.

Hukum shalawat untuk nabi Muhammad SAW

Menurut mahzab Hambaliy, shalawat dalam tasyahud adalah termasuk diantara rukun rukun sholat.
Al-Qodhi abu Bakar berkata : “ Allah subhanahu wata’ala telah mewajibkan mahluknya untuk bershalawat dan salam untuk nabinya. Dan tidak menjadikan itu dalam waktu tertentu saja. Jadi yang wajib adalah seseorang memperbanyak shalawat dan salam untuk beliau dan tidak melalaikannya. “

Keutamaan shalawat dan salam untuk nabi SAW
Dari jabir bin Abdullah berkata Nabi SAW bersabda : “ barang siapa yang ketika mendengarkan azan membaca : “ ya Allah ! tuhan pemilik azan yang sempurna ini dan sholat yang ditegakkan, berilah Muhammad wasilah dan fadhilah dan bangkitkanlah ia pada tempat terpuji yang telah engkau janjikan untuknya. “ maka ia berhak mendapatkan syafa’at paad hari kiamat. (HR. bukhari dalam sohihnya ). Dan dari Abdurrahman bin ‘Auf Radiyallahuan ‘ Anhu berkata : “ Saya telah mendatangi nabi SAW ketika ia sedang sejud dan memperpanjang sujudnya. Beliau bersabda : “ saya telah di datangi jibril , ia berkata : “ barang siapa yang bershalawat untukmu, maka saya akan bershalawat untuknya. Dan barang siapa yang bersalam untukmu maka saya akan memberi salam untuknya, maka sayapun bersujud karena bersyukur kepada Allah”. (HR. Hakim, Ahmad, dan jahadhmiy)

Ya’qub bin zaid Tholhah at-taimiy berkata : “ Rasulullah SAW bersabda : “ telah datang kepadaku malaikat dari tuhanku dan berkata : “ Tidaklah seorang hamba yang bershalawat untukmu sekali sekali kecuali Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali”.

Celaan bagi orang yang Tidak bershalawat Untuk Nabi.
Dari Abu Hurairah Radiallahuanhu berkata : Rasulullah SAW bersabda : “ celakalah sesorang yang jika namaku disebut di sisinya ia tidak bershalawat untukku, celakalah seseorang, ia memasuki bulan Ramadhan kemudian keluar sebelum ia diampuni, celakalah seseorang, kedua orang tuanya telah tua tetapi keduanya tidak memasukkannya kedalam surga”. Abdurrahman salah seorang perawi hadist dan Abdurrahman bin ishak berkata : “ saya kira ia berkata : “ atau salah seorang diantara keduanya” (HR. Tirmidxi dan Bazzar)
Dari Ali bin Abitholib dari Rasulullah SAW bersabda : “ Orang yang paling bakhil adalah seseorang yang jika namuaku disebut ia tidak bershalawat untukku”. (H.R. Nasa’i, Tirmidzi dan Thabrani).
Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda : “ barang siapa yangn lupa mengucapkan shalawat untukku maka ia telah menyalahi jalan surga”. (telah ditashih oleh Al-Albani).
Dari Abu hurairah, Abul Qosim besabda : “ suatu kaum yang duduk pada suatu majelis lalu mereka bubar sebelum dzikir kepada Allah dan bershalawat untuk nabi SAW, maka Allah akan menimpakan kebatilan atas mereka, bila ia menghendaki maka mereka akan disiksa dan bila ia menghendaki maka mereka akan diampuni”. (H.R. Tirmidzi dan Abu daud)
Diriwayatkan oleh Abu isa tirmidzi dari sebagian ulama berkata : “ jika seseorang bershalawat untuk nabi SAW sekali dalam suatu majelis, maka itu sudah memadai dalam majelis tersebut”.

Fa’edah dan Buah shalawat untuk Nabi SAW. Ibnu Qoyyum menyebutkan 39 manfa’at shalawat untuk Nabi SAW, diantaranya :
1. Melaksanakan perintah Allah SWT.
2. Mendapat sepuluh shalawat dari Allah.
3. ditulis baginya sepuluh kebaikan dan dihapus baginya sepuluh kejahatan.
4. Diangkat baginya sepuluh derajat
5. kemungkinan do’anya terkabul
6. penyebab mendapat syafa’at Rasulullah SAW
7. Penyebab pengampunan dosa
8. Dicukupi oleh Allah apa yang diinginkannya
9. Mendekatkan diri pada Rasullullah SAW
10. Menyebabkan Allah dan Malaikat bershalawat padanya
11. NAbi bershalawat pada orang yang bershalawat padanya
12. Mengharumkan majelis
13. menghilangkan kekafiran
14. MEnghapus predikat kikir
15. Mendapatkan pujian penghuni langit dan bumi
16. Mendapat berkah Bagi dirinya
17. Akan Diingat oleh Rasullullah SAW
18. mendapat petunjuk dan hati yang hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar