Jumat, 24 September 2010

Keutamaan Salam

Di antara Akhlak terpuji yang diperintahkan islam adalah memberi salam. Salam merupakan ungkapan yang menggambarkan bahwa antara si pemberi salam dan yang diberi salam tidak ada sengketa apapun. Yang ada hanya perasaan cinta, persahabatan, dan persaudaraan. Ucapan salam memang kelihatannya sederhana, tapi siapa sangka dibalik kesederhanaan nya itu mengandung hikmah dan keutamaan yang agung. Beberapa diantara hikmah dan keutamaan salam adalah karena salam merupakan perintah Allah SWT dan Rasul-Nya.

“ Rasul memerintahkan kami untuk melakukan tujuh perkara, yaitu menjenguk orang sakit, mengiringi jenazah, mendo’akan orang bersin yang memuji Allah, membantu orang yang lemah, menolong orang yang dizalimi, mengucap salam, dan memenuhi sumpah.” (mutaffaqun ‘alaih). Salam akan menumbuhkan rasa kasih dan saying. “ kamu tidak akan masuk surga sampai kamu beriman, dan kamu tidak briman sampai kamu saling mencinta. Maukah kamu aku tunjukkan suatu perbuatan yang bisa membantu saling mencintai? Yaitu sebarkan salam diantara sesamamu”. (HR Al – buqhari dan Muslim)

Salam juga merupakan amalan yang terbaik dalam islam. Dari Abdullah bin amr bin Ash, seorang laki-laki bertanya kepada rasullullah. “ apakah amalan yang paling baik dalam islam?” Beliau menjawab , “memberi makan dan mengucap salam kepada orang yang telah kamu kenal dan yang belum kamu kenal.” (HR Al Buqhari dan Muslim)

Berkah dan kebaikan dari Allah SWT akan tercurah untuk sipemberi salam. Firman Allah dalam Q.S An Nur : 61

“Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah- rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayatnya(Nya) bagimu, agar kamu memahaminya.”

Mengucap salam akan menjadi amalan yang akan memasukkan pelakunya ke surga. “ wahai manusia, tebarkanlah salam, berikanlah makan, lakukanlah silaturrahmi, dan shalatlah malam ketika orang lain tertidur, maka engkau akan masuk surga dengan selamat.” ( HR At tarmidzi).

Salam dapat diucap ketika bertemu dengan seseorang baik yang sudah dikenal maupun belum selama dia muslim. Dan yang lebih baik adalah orang yang pertama memulai, sebagaimana hadist Abi Umamah Al Bahili, Rasulullah SAW bersabda “ Sesumngguhnya orang yang lebih baik disisi Allah adalah yang memulai mengucapkan salam” di hadist yang lain yaitu “ apabila kamu bertemu dengan saudaramu maka ucapkanlah salam, jika terhalang oleh pohon, tembok atau batu, maka ucapkan salam ketika menemuinya.” (HR Muslim).

Salam juga di ucapkan ketika memauki rumah orang lain, begitu pula rumah sendiri. “ hai orang orang yang beriman janganlah kamu memasuki rumah orang lain, hingga kamu minta izin dan mengucapkan salam kepada penghuninya.”
Ketika masuk dan keluar dari sebuah majelis “ apabila seorang masuk kesebuah majelis, maka hendaknya mengucapkan salam. Dan jika dia mau pergi hendaklah mengucap salam, tidaklah (salam) yang pertama tadi lebih berhak (untuk diucapkan) daripada yang akhir.” ( HR Abu daud). Apabila ada orang yang menitip salam, maka hendaklah menjawab dengan “ Wa’alaihissalam warahmatullahi wabarokatuh”.

Keutamaan Salam :
1. Merupakan salah satu perintah Allah
2. Menimbulkan kasih saying antar sesama
3. Merupakan amalan yang terbaik dalam islam
4. Mendapat berkah dan kebaikan dari Allah
5. Termasuk perbuatan yang dapat memasukkan pelakunya ke surga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar